|

AKHLAK Kary@ SiTi N. X4

Assalamu 'alaikum WR.WB
Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang dapat menimbulkan perbuatan dengan gampang dan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.
Menurut Ibnu Maskawai Akhlak adalah perilaku jiwa seseorang yang mendorong untuk melakukan kegiatan-kegiatan tanpa melalui pertimbangan-pertimbangan sebelumnya.


 
INDUK – INDUK AKHLAK TERPUJI

A.QANA'AH
komponen qana'ah meliputi lima hal yaitu :
a. Menerima dengan rela apa yang ada
b. Memohon kepada Allah suatu tambahan rezeki yang layak
c. Menerima dengan sabar akan semua ketentuan Allah
d. Bertawakal kepada Allah
e. Tidak tertarik oleh segala tipu daya duniawi
 

Orang yang qana'ah akan senantiasa merasa tentram dan merasa berkecukupan terhadap apa yang dimilikinya selama ini. Tidak sedikit orang yang secara materi melimpah tetapi tetap merasa miskin, tamak, serakah dan rakus.
Untuk menumbuhkan sifat qana'ah tentunya tidak langsung jadi dengan sendirinya,tetapi memerlukan latihan dan pembiasaan-pembiasaan sejak dini.
Sabda Rasululloh SAW : “Qana'ah adalah simpanan yang tak akan   lenyap.” (HR.Tabrani)
Qana'ah bukan berarti menerima apa adanya disertai dengan sikap malas, tetapi harus diiringi dengan usuha keras. Sebaliknya jika usaha tersebut memperoleh hasil yang memuaskan maka disertainya rasa sikap syukur kepada Allah SWT.”
Sabda Rasululloh SAW :
“Dari Abdillah Bin Amra bahwa Rasulullah SAW bersabda sungguh beruntung orang yang beragama islam dan rejekinya cukup kemudian merasa cukup dengan apa yang diberikan oleh Allah kepadanya.”

B.SUHUD
Suhud ialah tidak berhasrat kepada sesuatu yang mubah walaupun kesempatan untuk memperoleh atau mengerjakannya ada.
Firman Allah SWT :
“ Hai anak Adam pakailah pakaianmu disetiap memasuki masjid, makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. ”(Al-A'rof : 31-32).

C. SABAR
Sabar adalah tahan menderita untuk menghadapi yang tidak disenangi dengan penuh rasa sabar dengan penuh ridlo dan menyerahkan diri kepada Allah.
Sabda Rasulullah SAW :
“Sabar adalah cahaya atau kemenangan yang gilang – gemilang.” (HR.Muslim)
Demikianlah uraian dari pengertian Akhlak dan contoh-contohnya.  Apabila ada kesalahan dalam menguraikan saya mohon maaf,  Mudah – mudahan uraian di atas dapat dijadikan ilmu yang bermanfaat.

Wasalamu 'alaikum WR.WB 

bY : Siti Nurhasanah X4

Posted by mading man sumpiuh on 20.12. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "AKHLAK Kary@ SiTi N. X4"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog