PELANTIKAN PENEGAK BANTARA



Dalam rangka mengisi liburan, maka MAN sumpiuh mengadakan kegiatan yang positif, diantaranya adalah kegiatan pelantikan bantara. Kegiatan ini juga sebagai salah satu program kerja Ambalan Pangeran Samber Nyawa – Dewi Sartika masa bakti 2010/2011. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh andik kelas X santriwan dan santriwati MAN Sumpiuh.

09.28 | Posted in | Read More »

BUKAN MASALAH



Imel menghempaskan tubuhnya dengan lemas ke ranjang . Ia baru saja membaca berita tentang buku cerita serial faforitnya.

20.09 | Posted in | Read More »

Di Taiwan

Genre: Romance
----Hangeng POV----
“Wo bu yao.....!(aku tidak mau!)” pekikku keras saat Laupa bilang mau menjodohkanku dengan gadis korea itu.
“ayolah sayang, kamu kan belum liat So kyo itu seperti apa, Mama jamin kamu gak akan nyesel deh” bujuk mamaku.
“Benar Hanggeng, So Kyo itu cantik, kamu liat dulu fotonya” ucap Laupaku sambil menyodorkan foto gadis bernama Park So Kyo itu.
“Nggak...aku peduli, mau dia cantik kek, mau jelek kek, pokoknya aku nggak mau dijodoh-jodohin” tolaku.
“Hangeng! Kali ini kesabaran Laupa sudah habis. Pokoknya kalo kamu tetep ngotot gak mau dijodohkan dengan So Kyo, kamu bukan anak ku lagi” bentak Laupa padaku. Seluruh tubuhku lemas rasanya mendengar ancaman Laupa barusan. 
“Hangeng lebih baik kau terima saja perjodohan ini, kami yakin So Kyo adalah gadis yang tepat untukmu?” ucap Mamaku lembut.

20.02 | Posted in | Read More »

PUASA




Puasa menurut bahasa arab adalah menahan atau mencegah.

Sedangkan menurut istilah ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari ,disertai dengan niat dan syarat rukun tertentu.

firmman ALLOH SWT yang menjelaskan '' Hai orang-orang beriman di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu , supaya kamu bertaqwa'' ( QS al baqarah ayat 183) dari firman ALLOH diatas dapat di simpulkan bahwa qita umat muslim harus berpuasa. 

Adapun SYARAT DAN RUKUN BERPUASA Sebagai berikut ;

10.58 | Posted in | Read More »

Say That You Love Me_Part 1


                                       Cho Kyuhyun                                        lee donghae
 
saya sebut karya saya ini FF (fanficion) karena saya korean lover, jadi critanya settingnya d korea, dan nama2nya juga di korea.
trus juga banyak bahasa koreanya juga.

Author/Penulis: Irma ‘Michi’ Puspitasari


12.02 | Posted in | Read More »

Kelebihan Al-Qur’an Dibandingkan Kitab Suci Yang Lain

Sesuatu yang menjadi penyempurna pasti memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan yang di sempurnakan. Apabila tidak memiliki kelebihan, sesuatu itu tidaklah pantas disebut sebagai penyempurna. Al-qur’an dikatakan sebagai kitab penyempurna karena memiliki kelebihan dari kitab-kitab suci sebelumnya. Selama 14 abad lebih, kitab suci al-qur’an tidak mengalami perubahan sedikitpun, baik tulisan maupun isi kandungannya.Keadaan seperti ini akan terus berlangsung sampai akhir kehidupan dunia ini. Keaslian al-qur’an seperti ini diakuioleh para sejarawan, baik muslim maupun non muslim.

14.10 | Posted in | Read More »

Type orang yang disenangi Allah





Ada orang-orang yang disenangi Allah , juga ada orang-orang yang dibenci Allah, mereka yang disenangi dan dibenci bukan hanya orang tua saja, ada para pemuda yang disukai Allah.
Type orang bagaimanakah yang disukai atau dibenci Allah tersebut ? 


Tersebut dalam hadits qudsi yang artinya:

“Aku senang kepada tiga macam type manusia yakni orang pemurah, kaya yang rendah hati, dan pemuda yang tobat dari dosanya. Sebaliknya aku benci kepada tiga macam manusia. Yakni: orang yang bakhil, orang yang sombong dan orang yang durhaka(fasik). Tetapi aku jauh lebih benci kepada tiga macam manusia lainnya, yakni: kepada orang kaya yang bakhil, orang miskin yang sombong dan orang tua yang durhaka(fasik).“(hidayatul mursidin)


15.10 | Posted in | Read More »

“JILBAB MENURUT AL-QUR’AN & AS SUNNAH”



Perintah Allah mengenai Hijab (Jilbab) yang terkandung didalam Al – Qur’an selalu diawali dengan kata – kata wanita yang beriman, mununjukan betapa asasinya kedudukan hijab bagi wanita – wanita mukminah. Karenanya, ada baiknya sebelum memusatkan perhatian pada pembahasan mengenai jilbab, terlebih dahulu renungkan soal iman yang merupakan perintah esensial ini.

14.57 | Posted in | Read More »

~Berhari Raya Fitri~

Idul Fitri adalah hari kemenangan fitrah atas nafsu. Karena itulah Idul Fitri adalah hari pengokohan jiwa. Selama sebulan penuh timbunan karat-karat cinta dunia yang melekat pada jiwa telah dibersihkan. Orang-orang yang telah berhasil menyelesaikan latihan yang langsung dari Allah di bulan ramadhan tampil dengan jiwa baru, semangat baru dan tekad baru.

14.40 | Posted in | Read More »

"Sesungguhnya setinggi-tingginya safangat adalah Al-Qur'an"


Ada sebuah cerita dimana ada seorang anak penghafal Al-Qur'an sedang mencari orang tuanya didalam neraka yang telah dihuni ratusan tahun.Anak tersebut akan dimasukkan kedalam neraka,tapi karena dalam hatinya ada Al-Qur'an ( hafal Al-Qur'an ) anak itupun tidak jadi dimasukkan dalam neraka dan orang tuanya serta orang-orang yang mendorongnya hafal Al-Qur'an pun dipantaskan dari api neraka.
Berikut ini beberapa keutamaan penghafal Al-Qur'an, antara lain :
1. Pembawa bendera Islam.
2. Bisa memasukkan 7 orang masuk surga.
3. Memakai mahkota surga.
4. Rumahnya mendapat berkah.
5. Desanya mendapat berkah.
6. Terhindar dari siksa neraka.
Dari cerita diatas kita dapat mengambil hikmahnya yaitu seseorang yang dapat menghafal Al-Qur'an akan terhindar dari siksaan api neraka,memang tidak mudah untuk kita menghafal Al-Qur'an, tapi marilah kita bersama-sama belajar menghafal Al-Qur'an sekalipun hanya suratan-suratan yang ada pada Al-Qur'an.






 
WULAN XII IPA
 



~Terimakasih~

14.19 | Posted in | Read More »

TRAPESIUM LOV3….



Keramaian siswa pagi itu membuat Bintang resah, karena anak-anaknya juga merasa resah pula sih… beberapa saat kemudian terpasanglah dua lembar kertas yang menentukan nasib para siswa. Dan hal itu membuat Bintang lebih Dag, Dig, Dug kayak dikroyok warga sekampoeng. Lalu perlahan Ia jelajahai satu persatu namanya, dan ternyata apa yang menjadi penghrapannya menjadi kenyataan, “ Aku masuk IPA …”, tapi ada yang membuatnya lebih dropout lagi ketika Ia mengetahui bahwa sahabat dekatnya tak satu kelas dengannya dan Ia membatin “mengapa Bulan tak masuk IPA, padahalkan nilai IPA nya lumayan baik???” waduh… Malahan yang satu kelas dengannya adalah orang yang selama ini menyjadi pusat perhatiannya yaitu Awan, dan tentunya Mentari sang saingan yang pendiam dan mau tidak mau Bintang harus menerima kenyataannya. Oh iya ya mengapa sang Bintang begitu tertariknya terhadap Awan, So Awan dimatanya merupakan cowok yang lumayan perpeck apalagi Hobby nya pun sama Reading Book. Trus Mentari mengapa menjadi saingannya soalnya … Mentari juga suka sama Awan, emh Awan sang Arjuna…

00.19 | Posted in | Read More »

AL ASMA’ AL HUSNA


Al asma’al Husna artinya beberapa nama yang baik-baik. Nama-nama yang baik itu adalah kepunyaan Allah sebagai Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi seisinya ini. Al Asma’al Husna baik kita baca pada saat kita berdzikir dan berdo’a, kapan saja dan dimana saja. Lebih-lebih setelah kita melakukan sholat fardhu.

14.33 | Posted in | Read More »

_ BerjilbaB NGGA bRartie kUPER _

Mungkin dizaman sekaranng wanita'' sudah mulai mengikuti zaman.mulai merubah gaya hidup mrka,dimana mereka meniru gaya barat dan tidak memakai jILBAB,berpakaian seksi pakai rok mINI,mungkin semua itu mempunvai kepuasan tersendiri bagi diri meraka..

13.48 | Posted in | Read More »

Pentingnya Menghafal dan Memahami Al Quran

 Al Quran diturunkan kepada Muhammad Rasulullah SAW selama 23 tahun masa kerasulan beliau. Al Quran di turunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW dengan perantaraan malaikat Jibril. Malaikat Jibril menurunkan Al Quran ke dalam hati Rasulullah dan beliaupun langsung memahaminya. Hal ini disebutkan dalam Al Quran surat Al Baqarah (2) : 97.


Q.S. Al Baqarah:97.
Katakanlah: “Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.”


13.43 | Posted in | Read More »

AKHLAK DALAM PERGAULAN REMAJA

Masa remaja merupakan masa persiapan untuk menjadi dewasa yang matang dan sehat masa ini biasanya di ikuti keguncangan emosi, kebimbangan dalam mencari pegangan hidup serta kesibukan mencari pengetahuaan dan kepandaian untuk menjadi senjata pada usia dewasa.

14.59 | Posted in | Read More »

DOA

Doa adalah obat yang mujarab untuk segala macam penyakit. Aktivitas doa tidak dapat dipisahkan dengan kehidupam sehari-hari.

14.03 | Posted in | Read More »

PERILAKU ORANG YANG MENGAMALKAN 10 ASMAUL HUSNA

Manusia yang sempurna ibadahnya dan kedekatannya kepada Allah adalah orang yang beribadah kepada-Nya dengan semua nama-nama dan sifat-sifat-Nya. Sehingga Asmaul Husna akan menjadi inspirasi dan pengingat bagi setiap hamba untuk beribadah secara ikhsan dan ikhlas. Sebagai arah bagi kita untuk mengamalkan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.

13.41 | Posted in | Read More »

Kelebihan Al-Qur’an Dibandingkan Kitab Suci Yang Lain


Sesuatu yang menjadi penyempurna pasti memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan yang di sempurnakan. Apabila tidak memiliki kelebihan, sesuatu itu tidaklah pantas disebut sebagai penyempurna. Al-qur’an dikatakan sebagai kitab penyempurna karena memiliki kelebihan dari kitab-kitab suci sebelumnya. Selama 14 abad lebih, kitab suci al-qur’an tidak mengalami perubahan sedikitpun, baik tulisan maupun isi kandungannya. Keadaan seperti ini akan terus berlangsung sampai akhir kehidupan dunia ini. Keaslian al-qur’an seperti ini diakuioleh para sejarawan, baik muslim maupun non muslim.
Dalam bidang ibadah, al-qur’an antara lain menjelaskan sholat, zakat, puasa, dan haji.
Ke 4 macam ibadah tersebut dinamakan ibadah mahdah, yakni ibadah yang sudah ada aturannya secara rinci dalam agama.

Dalam bidang akidah, alqur’an telah menegaskan bahwa satu-satunya sembahan manusia yang hak adalah Allah SWT. Pengakuan adanya sembahan selain Allah SWT dinyatakan syirik.

13.00 | Posted in | Read More »

PROFIL Bapak Ahmad Suyuti Latif, S.Pd. M.Si.





Assalamu’alaikum.. Warohmatullahi.. Wabarokaatuh ..
Yaa.. Akhwat wa Ikhwat ..

Alhamdulillah…… kita dapat berjumpa lagi dengan acara “ Seputar Profil Guru Kita ( SPGK ). Kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai Profil Bapak Ahmad Suyuti Latif, S.Pd. M.Si.
Guru yang kesehariannya mengajar Pelajaran Matematika dan TIK ini dilahirkan di Desa Grujugan, sekitar 39 tahun yang lalu. Beliau bertempat tinggal di Desa Grujugan, Banyumas, bersama istri dan kedua anaknya. Ayah dari Kema (6 thn) dan Fadil (3 bln) ini mempunyai hobby berolah raga dan salah satu hobby olahraga itu yang pernah dimilikinya pada waktu kecil adalah bermain sepak bola.
 



15.24 | Posted in | Read More »

PROFIL BABEH EKO

-->

P3rh4Ti4N… P3rh4Ti4N …..
YaNg lG siBoek seMpetiN dWOnKZ Li@tiN  cOReTAn q dibAwAH iNi
HE…HE…HE……..

بسم الله الرحمان الرحيم
اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Alhamdulillah pada kesempatan ini kami dapat mewawancarai guru bahasa Indonesia dan menjabat  PEMBINA MADING yang sekaligus pendiri BLOG MADING MAN SUMPIUH yang beralamat di http://madingmansumpiuh.blogspot.com yang super sibuk ini.

Beliau mempunyai nama SUJARWO EKO WIBOWO,S.Pd. yang sekarang kerap dipanggil babeh eko. Ekh ngomong-gomong babeh eko ini tergolong masih muda lho ngakunya …….. he..he…he…. Bagaimana ga muda karena beliau tidak pernah marah super gaul dan fresh dalam mengajar. Disamping itu, beliau juga mempunyai prinsip “jalanilah hidup ini apa adanya” itulah yang menyebabkan babeh eko terlihat awet muda.

00.49 | Posted in | Read More »

PROFIL BAPAK M. SISWANTO, M.Pd.I.


Assalamu'alaikum wr.wb.
Ahlan wa sahlan
Akhwat wa ikhwat

Hei... hei... hei... ada info menarik nich dari Bapak Siswanto yang super ganteng itu lhoooo....
Yuk kita jelajahi profilnya....

Pak Siswanto yang lahir di Jepara, pada tanggal 4 juni 1971 yang sekarang ini bertempat tinggal di desa Demangsari, RT 02/Rw 07 Kec. Ayah, Kab. Kebumen. Guru yang menjabat sebagai waka kesiswaan yang sekaligus menjadi guru Qur'an Hadist ini, tinggal bersama istrinya yang bernama Ulistinganatin Khanani yang bekerja sebagai guru di MAN 1 Kebumen, dan telah dikaruniai 2 orang anak. Anak yang pertama bernama Mohammad Umar Al fatih, yang sekarang ini duduk di bangku kelas 2 MI Maarif, Mangunwangi. Anak keduanya bernama Mohammad Khatami yang sekarang ini, masih berumur 3 tahun.

Guru kita ini, dimasa kecilnya mempunyai hobi membaca puisi, main teather dan juga olah raga. Cita-cita yang ingin dicapai semasa kecil yaitu ingin menjadi guru.

Guru yang pintar mengaji ini, mempunyai makanan faforit, "Mau tau gax" ?????, ternyata eh ternyata .........makanan faforitnya adalah PISANG GORENG, betul betul betul....!!!!!!!!!!!

Penyuka pisang goreng ini, mengawali pendidikanya di SD Negeri Gunungan, Jepara. Kemudian melanjutkan sekolahnya di MTS Al Islam, Jepara. Lalu melanjutkan lagi di PGA Negeri Lasem Walisongo, Semarang. Setelah itu melanjutkan pendidikan Sarjana di IAIN, dan selanjutnya melanjutkan pendidikan Pasca Sarjana di UNU Surakarta dan sampai akhirnya, menjadi guru di MAN Sumpiuh yang dimulai dari tahun 2002 sampai sekarang ini.

Bapak guru yang ramah ini, mempunyai visi "Agar siswa-siswi MAN Sumpiuh menjadi anak yang sholeh dan sholehah". Selain itu juga memnpunyai misi "Ingin mengajarkan kepada murid-muridnya", sehingga bermanfaat bagi mereka semua.
Selain mempunyai visi dan misi, guru yang satu ini mempunyai motto " Dimana bumi dipijak, disitu amal dipundak ".

Demikianlah Profil Bpk. Siswanto M.Pd.I.
Menarik khan !!!!!!!
Apabila ada kesalahan dalam penulisannya, kami selaku penulis minta maaf yang setulus-tulusnya .

Kunjungi :
http://msiswanto.blogspot.com
Wassalamu'alaikum wr.wb.

bY  X5:
Ani_Annisa_Asih_Diana_Lutvia_Novani_ Moeji_Siti

01.07 | Posted in | Read More »

SELINGAN DALAM ACARA MOPD 2010

17.34 | Posted in | Read More »

MOPDB MAN SUMPIUH Thn. Pel. 2010/2011

17.06 | Posted in | Read More »

KEGIATAN MENITI & MERAYAP DALAM ACARA PTA 2010

16.49 | Posted in | Read More »

KUNJUNGAN KE MUSEUM BANK RAKYAT INDONESIA


Minggu 16 Mei 2010, seluruh siswa-siswi kelas X (sepuluh) Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh, melakukan kunjungan ke Musium BRI yang terletak di Jalan Bank (Purwokerto). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka melaksanakan tugas yang diperintahkan oleh guru Ekonomi kami yaitu bapak Asror Sa'bani.

23.16 | Posted in | Read More »

KUNJUNGAN KE MUSEUM BANK RAKYAT INDONESIA


Minggu 16 Mei 2010, seluruh siswa-siswi kelas X (sepuluh) Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh, melakukan kunjungan ke Musium BRI yang terletak di Jalan Bank (Purwokerto). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka melaksanakan tugas yang diperintahkan oleh guru Ekonomi kami yaitu bapak Asror Sa'bani.

Ini merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan materi terakhir pada semester genap ini yaitu Uang dan Bank. Tujuan kunjungan ini yaitu agar siswa dapat mempelajari dan mengamati secara langsung bagaimana perkembangan Uang dan Bank, pada kehidupan dahulu hingga perkembangannya saat ini.

Kurang lebih pukul 08.00, kami semua mulai meninggalkan MAN Sumpiuh dan siap menuju ke Musium BRI dengan 6 kendaraan minibus masing-masing kelas, dan di bimbing oleh Ibu Eny Sugiarti.

Pukul 09.15 kami semua sampai di Musium BRI dengan selamat. Dan kedatangan kamipun disambut hangat oleh Pak Asror, Pak eko dan juga para petugas dari Musium.

Kegiatan yang pertama Pak Asror mengajak kami menuju ke sebuah bangunan yang tak lain merupakan bangunan bank BRI pertama yaitu "De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank Der Inlandsche Bestuuls Ambtenaren." Kemudian kami menuju ke bangunan berikutnya yang cukup luas dengan dua lantai. Disini kita dapat melihat berbagai macam jenis mata uang bangsa Indonesia pada masa dahulu, dan kita juga dapat melihat berbagai alat hitung, celengan, piagam-piagam, hingga patung-patung.Terlihat siswa sangat antusias dalam kegiatan ini. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil disini.

Tanpa terasa waktupun berlalu dengan begitu cepat, hampir dua jam kita berada di musium BRI. Pada pukul 11.00 kami semua diperintahkan untuk mengakhiri kegiatan kali ini. Dan ada sedikit pengarahan -pengarahan dari Pak Asror mengenai penyusunan laporan, dan kami hanya diberi waktu satu minggu untuk menyelesaikan tugas kelompok tersebut.

Karena waktu sudah siang, kamipun bergegas memasuki bus masing-masing. Kurang-lebihnya pukul 12.15 kami semua sampai di MAN Sumpiuh tercinta. Kemudian semua siswa diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.



by;DESSY N IWAN X_1
-Coklat Maniez- 20 Mei jam 14:14

23.15 | Posted in | Read More »

Cinta dan Kesunyian


Cinta dan Kesunyian

Terdiam disuasana sunyi menunggu kabrmu sampai kesini...
kpn tu kan terjadi...keburu q cpe x y...
dan aku datang dalam kesunyianmu... 
membawa kabar untukmu...
sekrng tak perlu menungggu lagi kpn harus trjadiii...
cape kamu hilang bahagia punkau dapat....

22.52 | Posted in | Read More »

KUNJUNGAN KE MUSEUM BANK RAKYAT INDONESIA


 Purwokerto, 16 Mei 2010, semua siswa siswi Kelas X MAN Sumpiuh mengadakan kunjungan ke Museum Bank Rakyat Indonesia yang berada di jalan Bank (Purwokerto). Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui tentang sejarah berdirinya Bank di Indonesia. Kunjungan ini telah direncanakan sebelumnya oleh bapak Asror selaku guru Mapel Ekonomi kelas X1, X2, X4, X5, dan X6, Sedangka Ibu Eni S. selaku guru ekonomi kelas X3.

22.32 | Posted in | Read More »

SABAR HATI


 Seseorang muslim yang terpimpin jiwanya oleh hidayah islam senantiasa melatih dirinya untuk mencapai tingkat kesabaran yang tinggi dan menahan amarahnya, seperti digambarkan dalam ayat berikut:
  “ Dan orang-orang menahan marah dan memafkan kesalahan orang, dan Allah menyukai orang-orang    yang berbuat baik”.(Ali Imran:134).
Menurut kacamata islam, orang yang perkasa bukanlah seorang yang mempunyai fisik dan otot kuat, mampu menaklukan dan mengalahkan (secara fisik ) lawan-lawannya. Tetapi orang yang perkasa adalah ia yang dapat bertindak penuh pertimbangan dan sabar, serta mampu mengendalikan nafsunya ketika marah.
   Rasullullah SAW bersabda :
   “Bukanlah(di maksudkan) perkasa itu kuat bergulat. Sesungguhnya perkasa itu adalah mampu mengendalikan nafsu ketika marah” ( Hadits Muttafaq alaih)
Sesungguhnya memelihara diri ketika marah merupakan ciri kejantanan seseorang. Merupakan tanda kekuatan kalau seseorang dapat menaklukan nafsunya, menyatakan sikapnya sendiri, mengendalikan fikirannya ketika bergolak dan reaktif, menguasai dalam posisi sulit, menghadapi dengan tenang dari segala fitnah (ujian).
Rasullullah senantiasa berwasiat kepada sahabatmya agar tidak cepat marah (HR. Bukhari).


Sumber dari : Apakah Anda Berkepribadian Muslim.
Dr. Muhammad Ali Hasyim

 ZUANAH FITRIYAH
 

15.26 | Posted in | Read More »

Pemahaman Bid'ah untuk orang awam (1)


Assalammualaikum Warahmatullohi Wabarokatuh

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruhu Wana’udzubiillah minsyurruri ‘anfusinaa waminsayyi’ati ‘amaalinnaa manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudhlil falaa haadiyalah wa-asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wah-dahu laa syariikalah wa-asy-hadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.

Mari memahami Bid’ah dengan Logika
Kenapa saya memilih bahasan dengan logika ? alasannya adalah karena saya ingin memberikan pengetahuan “Dasar” kepada kaum muslimin, khususnya bagi yang baru saja belajar mendalami agama Islam terlebih tentang kaedah Bid’ah, Jika setelah membaca tulisan ini ikhwan/akhwat ingin mengetahui lebih dalam beserta Dalilnya Insya Allah kami bisa menyajikan dalam bentuk kajian yang lebih lengkap (e-book, audio MP3, video dan artikel pendukung lainnya). Baiklah, saya tekankan bahwa kata “Bid’ah” itu jika Di “Indonesiakan berarti INOVASI , untuk itu saya akan menyebut INOVASI dalam penjelasan2 di bawah ini (Supaya lebih familiar di telinga :D OK .. )

20.32 | Posted in | Read More »

Yuuk Jadi Pendengar Yang Baik! ^_^


Teman, ada pendapat yang menyatakan "manusia diciptakan dengan 2 telinga dan 1 mulut, semata-mata agar ia lebih banyak mendengar dari pada berbicara" (anonymous). Memang ada benarnya juga, coba aja lihat, seorang balita bisa mengucapkan ma...ma, ma..em, itu karena awalnya dia mendengarkan ayah, ibu atau kakaknya selalu mengajarkan hal-hal seperti itu.

20.19 | Posted in | Read More »

Membalas Kebaikan Dan Mengucapkan Terimakasih

 Termasuk bagian dari akhlak dari seseorang muslim sejati, adalah membalas kebaikan yang di terimanya, berterimakasih kepada orang yang menolongnya, dan jangan mengingkari persahabatan, sebab yang demikian itu merupakan amalan Rasulullah SAW, seperti beliau :
 “Barang siapa yang diperlakukan dengan baik oleh seseorang, maka ia hendaklah membalas kebaikan itu sebanding dengan apa yang diterimanya” (H.R Abu Daud dan Tirmidzi).

Didalam hadits yang lain :
“Siapa yang meminta pertolongan kepad Allah, maka hendaklah kalian tolong dia, dan siapa yang datang kepada kalian dengan berbuat kebaikan, maka hendakla kalian membalas kebaikannya secara seimbang” (H.R Abu Daud, Nasai dan Ahmad).

Islam, melalui Nabi yang mulia, memerintahkan kepada umatnya untuk mengucapakn teimakasih kepada orang yang telah berbuat baik kepada kita. Hal ini akan membawa manfaat sangat besar, karena dapat mendatangkan rasa kasih sayang terhadap sesamanya.
Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya sesyukur-syukurnya manusia kepada Allah SWT, tergantung dari syukur mereka itu kepada manusia” (HR Ahmad dan Thabrani).

Seseorang muslim tidak cukup dengan hanya bersyukur kepada Allah SWT saja, tetapi dia juga harus bersyukur kepada sesamanya, yaitu dengan cara berbuat baik, saling tolong menolong sehingga tecipta kedamaian dan ketentraman. Allah tidak akan menerima syukur hamba-hamba-Nya pada-Nya, jika rasa syukur itu tidak dibarengi dengan rasa syukur terhadap manusia yang telah berbuat baik padanya.
Rasulullah SAW bersabda:
“Tidaklah seseorang itu bersyukur kepada Allah, jika ia tidak bersyukur kepada sesama manusia” (HR Bukhari).

Sikap yang selalu bersyukur itu adalah sikap terpuji, yang dapat mendorong pelakunya untuk berbuat baik. Dapat merangsang timbulnya rasa kasih sayang terhadap sesama manusia, dan membuka hati mereka menuju cinta. Hal seperti inilah yang menjadi misi dan sasaran islam, yaitu menyatukan setiap hati pemeluknya.

                                                                                        Sumber: Apakah Anda Berkepribadian Muslim
                                                                                                      Dr. Muhammad Ali Hasyim
                                                  
                                                         Ajen Jimas Primayodiati

16.07 | Posted in | Read More »

Arsip Blog

Komentar Pengunjung

Posting Terbaru