|

SABAR BAGI ORANG MUSLIM kary@ : Linatussofiyanti X-4


Dalam islam ada beberapa akhlak terpuji, diantara akhlak-akhak tersebut adalah sabar. Sabar dapat diartikan sebagai tahan menderita untuk menghadapi yang tidak disenangi dengan penuh ridha dan menyerahkan diri kepada Alloh SWT. Secara singkat sabar dapat diartikan sebagai kemampuan menahan diri dikala ada cobaan atau godaan untuk tidak marah atau tidak pasrah.

Seorang yang muslim bila dia mengalami suatu keadaan yang baginya tidak menyenangkan dia akan tetap tenang dan akan selalu ingat Alloh SWT dan bila dia menderita karena terkena musibah dia tidak akan putus asa, dialah yang dinamakan orang yang sabar.

Banyak orang yang sabar mengalami kesenangan, contohnya seperti saat kita menjalankan ibadah puasa, pada saat menjalankan ibadah, selalu menahan hawa nafsu, menahan makan dan minum dan pada saat berbuka akan merasakan kenikmatan yang luar biasa karena bersyukur kepada Alloh SWT. Ini merupakan contoh sabar dalam menghadapi ibadah.

Adapun contoh sabar dalam meninggakan maksiat, yaitu Bila seseorang dia sedang dimabuk asmara pasti apa saja yang membuat dia senang akan dilakukan, baik itu perbuatan terpuji atau tercela. Sebagai seorang muslim yang baik ada kalanya tidak boleh melakukan perbuatan tercela seperti halnya berbuat maksiat. Bila seseorang pacaran dan melakukan hal-hal yang maksiat, dia tidak akan bahagia hidup didunia, banyak bagi mereka yang seperti itu. Namun, sebaliknya bila dia sabar dalam meninggalkan perbuatan yang hina itu, terasa hidupnya lebih bahagia. Maka itu sebagai pemuda dan pemudi muslim yang memiliki jiwa sabar ada kalanya mampu meninggalkan perbuatan maksiat.

Pacaran dengan melakukan perbuatan maksiat akan memndapatkan dosa dari Alloh SWT. Selain itu, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka Siapakah yang akal menyesal? Tentunya diri sendiri, bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi orang yang ada disekitarnya pun akan merasa dirugikan. Selain itu dia juga bukan termasuk orang yang sabar dalam meninggalkan perbuatan maksiat.

Yang terakhir adalah contoh orang yang sabar dalam menghadapi musibah adalah pada saat terjadi gempa dan tsunami di Aceh banyak saudara kita yang meninggal dan luka parah, mungkin bagi mereka yang tidak mampu berserah diri dan bersabar kepada Alloh SWT dia akan mengalami stres yang cukup berat bahkan dia bisa gila, tetapi bagi mereka yang mampu berserah diri dan bersabar dia akan mampu bertahan hidup sampai sekarang dan mampu menjalani kegiatannya seperti sebelum terjadi tsunami yang memporak-porandakan kota mereka. Selain contoh tersebut masih banyak contoh yang lain seperti halnya mampu bersabar pada saat kita tidak lulus ujian. Mungkin hal itu membuat kita kecewa tetapi bila kita menghadapi hal itu sebagai suatu keberhasilan yang tertunda maka hati dan jiwa akan merasa tenang. Itu termasuk ciri-ciri orang sabar.

Adapun Dalil yang menerangkan tentang sabar yang mempunyai arti sebagai berikut:
“ sesungguhnya hanya orang-orang yang sabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. (Qs. Az-zumar : 10)
Sudah jelas pula diterangkan pada ayat diatas bagi mereka yang berbuat sabar akan dilimpahkan pahala baginya. Dan bagi mereka yang berbuat sabar akan dijadikan pemimpin yang mampu memberi petunjuk dengan perintah Alloh SWT, seperti dijelaskan pada Qs. As-sajdah : 24 yang artinya sebagai berikut:
“ dan diantara mereka itu kami jadikan pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah kami, ketika mereka sabar dan adalah meyakini ayat-ayat kami.


bY  :  Linatussofiyanti X-4

Posted by mading man sumpiuh on 22.50. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "SABAR BAGI ORANG MUSLIM kary@ : Linatussofiyanti X-4"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog