|

Acara Pengukuhan Penegak Bantara


Minggu, 8 Mei 2011, Dewan Ambalan Pangeran Samber Nyawa - Dewi Sartika MA Negeri Sumpiuh masa bhakti 2010/2011 mengadakan acara Pengukuhan Penegak Bantara dan Lintas Alam di Pantai Jetis, Karang Pakis, dan sekitarnya. “ Tujuan diadakannya pengukuhan ini adalah memantapkan siswa-siswi untuk menjadi anggota penegak bantara MAN Sumpiuh “ ungkap Bapak Sri Budiman selaku pembina pramuka. Para peserta pengukuhan adalah seluruh siswa kelas X MA Negeri Sumpiuh. Acara tersebut dimulai pukul 07.00 yang diawali dengan upacara pembukaan di MA Negeri Sumpiuh, setelah itu rombongan menuju ke Pantai Jetis sekitar pukul 09.00.

Setelah sampai di lokasi, seluruh peserta memulai kegiatan pengukuhan tersebut dengan melintasi pesisir pantai Jetis sampai ke Karang Pakis, selama pelintasan tersebut para peserta melewati beberapa post-post yang telah disediakan panitia penyelenggara. Kegiatan yang paling menantang adalah post 5 yaitu merayap dipasir yang basah, cara merayap antara peserta putri dan peserta putra berbeda, cara merayap untuk peserta putri yaitu para peserta putri harus berguling-guling dipasiran yang basah, sedangkan untuk peserta putra yaitu dengan cara jungkir balik. Namun, sebelum melewati rintangan merayap para peserta yang telah berguling-gulingan dipasir diharuskan meminum habis  jamu bratawali, jamu tersebut rasanya sangat pahit namun yang harus diminum sampai habis dan  tidak boleh dimuntahkan.

Pakaianpun kotor tak karuan, sehingga setelah melewati post merayap itu seluruh peserta mandi di pantai, para peserta sangat menikmati acara mandi-mandi di pantai, saku-saku baju penuh terisi pasir, terbawa arus ombak dan bergembira ria di pantai itu.

Setelah  jam menunjukan sekitar pukul 13.46 seluruh peserta diminta untuk segera berbilas dan berganti pakaian untuk mengikuti upacara penutupan pengukuhan bantara dan lintas. Upacara penutupan tersebut dilaksanakan di pinggir pantai, upacara penutupan itu diakhiri dengan mengguyur satu-persatu peserta dengan air bercampur bunga mawar sebagai tanda sahnya menjadi anggota penegak bantara MA Negeri Sumpiuh seraya menyanyikan lagu “ Syukur “, setelah itu para peserta menaiki mobil truk untuk pulang kembali ke sekolah. Peserta pengukuhan beserta panitia pengukuhan sampai di MAN Sumpiuh sekitar pukul 17.56.


bY : tEam kReatiF MadiNg

Posted by mading man sumpiuh on 11.29. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

6 komentar for "Acara Pengukuhan Penegak Bantara"

  1. wuuuuuiiiiichhhh!!!
    huraaa puuaatuuuut?!!!!
    sering-sering ja ngadain acra kya getoooooo........
    byar makin kompak!!!! HORAZZ!!!!!

    Nama : 1. Novia Marantika (14)
    2. Tri Wiji Astuti (31)
    XI IPA 2

  2. goooooooood
    I LIke this!!!!]
    linda XI IPA 2

  3. nahhhh sing lewih kerass maning pakkkk men mantepp

  4. sangarlh perlu di tingkatkan

  5. novia : bisa jeng 1 thn sekali
    linda : yez
    yunuz : sangar sepuluh sewelas po .......

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog