|

MENGENAL JAMUR PENYABUT NYAWA ( bY : Fifin Trie X 3 )


Di Idonesia,kasus keracunan jamur cukup sering terdengar. tingkat keparahannya pun bermacam-macam. ada yang dapat membuat pemakannya sekedar melayang-layang ke"alam" lain, tetapi ada pula yang lansung mengirim penyantapanya kesurga atau ke neraka. jamur Psilocybe, misalnya dipercaya hanya memiliki efek halusinogenik, yang kalau dimakan akan enyebabkan halusinasi. namun, tidak sedikit pula jamur yang mengandung racun seriussehingga dapat berakibat fatal bagi pemakannya.

jamur berracun mengandung bermacam-macamsenyawa mematikan. kholin, misalmyadikenal senyawa berracun yang berbahaya dan paling mematikan. semua jamur yang memiliki senyawa supa upas memiliki senyawa kholin. beberapa jamur yang mengandung supa upas adalah Amanita, Lepoita, Russula, Collybia, dn Boletus.

senyawa lainnya yang mematikan adalah muskarin bayangkan pada takaran 0,003 sampai 0,005 gr saja ia sudah membuat seorang menyandang nama almarhum. seperti kholin, senyawa berracun ini juga terdapat pda semua jenis jamur yang tergolong supa upas. Falin, atropin, dan asan helvelat merupakanjamur yang bahayanya tidak berdeda jauh dengn muskarin.

jika yang tertelan racun serius, korbannya jelas tidak akan dimanjakan halusinasi/fly. si korban malah menderita pusing kepala yang biasanya disertai dengan muntah-muntah. jika pada tahap ini korban cepat ditangani, seangan racun mungkinsaja dapat ditangkal. celakanya jika korban tidak menyadari telah mengkonsumsi racun jamur, atau penanganan nya terlambat. nyawa akan sulit terselamatkan.


bY  :  Fifin Tri Wahyuni

Posted by mading man sumpiuh on 23.34. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "MENGENAL JAMUR PENYABUT NYAWA ( bY : Fifin Trie X 3 )"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog