|

HADIST TENTANG KEBERSIHAN bY : Nur Badriyah X4



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Umat islam dalam kehidupannya selalu diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan baik kebersihan jasmani maupun kebersihan rohani. Kebersihan jasmani meliputi badan, pakaian, tempat tinggal, lingkungan hidup. Kebersihan rohani meliputi usaha menghindari sifat-sifat tercela seperti dengki, serakah, sombong, angkuh, hasad. Marilah kita pelajari hadist-hadist yang berkenaan dengan kebersihan. Simak dan baca dengan teliti ! OK
 

Kebersihan menghantar ke surga  
Yang diriwayatkan dalam hadist yang artinya : " Islam itu adalah bersih maka jadilah kalian orang yang bersih. Sesungguhnya tidak akan masuk surga, kecuali orang-orang yang bersih ".
 

Kebersihan dicintai Allah
Yang diriwatkan dalam hadist yang artinya : " Sesungguhnya Allah SWT baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan, Dia menyukai kedermawaan, Maka bersihkanlah olehmu perabotmu dan janganlah kalian menyerupai orang yahudi ".
 

kebersihan itu sebagian dari iman

Membaca Al-hamdulillah itu memenuhi timbangan amal, membaca Subhanallah Walhamdulillah itu memenuhi ruangan antara langit dan bumi, sholat itu merupakan cahaya, sedekah merupakan bukti keimanan, sabar itu merupakan sinar, dan Al-qur'an itu merupakan hujjah ( alasan yang membenarkan atau menyalahkan ) bagi kamu atas kamu. Setiap manusia pada waktu pagi memperjualbelikan dirinya ( kepada Allah SWT atau kepada syetan ), Ada kalanya ia beruntung dan ada kalanya ia rugi. "
 

Isi kandungan hadis tentang kebersihan

  1. Islam mengajarkan tentang kebersihan baik jasmani, rohani, lingkungan tempat maupun tempat ibadah.
  2. Orang bersih dicintai Allah, karena kita harus menjaga kebersihan.
  3. Kebersihan merupakan sebagian dari iman, karenanya jika kita tidak menjaga kebersihan menunjukan iman kita belum baik.
  4. Ucapan Al-hamdulillah akan memenuhi timbangan, karenanya biasakanlah mengucap Al-hamdulallah.
  5. Ucapan tasbih dan tahmid mempunyai bobot setara dengan apa yang ada dilangit dan bumi, maka berlombalah dalam mengucapkannya.
  6. Sholat merupakan cahaya bagi yang melakukannya, karena itu tegakanlah sholat lima waktu.
Hanya inilah yang bisa saya sampaikan tentang hadis mengenai kebersihan, jika ada kata-kata yang tidak berkenan dihati anda tolong dimaafkan ya................................?


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


 bY : Nur Badriyah X4

Posted by mading man sumpiuh on 19.48. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

2 komentar for "HADIST TENTANG KEBERSIHAN bY : Nur Badriyah X4"

  1. alangkah lebih baiknya, jika menyampaikan hadis dilengkapi dengan nama hadisnya. mis: HR Ahmad, Tirmidzi, lbn Majah Abu Dawud dan lain-lain. Thanks, teruskan berkarya....

  2. Thankz masukannya boz ..........

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog