|

IBA kaRy@ : TRISNA PRATIWI X4

Assalammu'alaikum

Riba adalah salah satu sifat tercela, kata riba sendiri secara bahasa berarti " nilai lebih atau tambahan " sedangkan menurut istilah berarti " nilai lebih yang dipungut oleh pemberi hutang kepada orang yang berhutang , dimana ada pihak yang dirugikan dan ada pihak yg diuntungkan ."
 
Menurut Al-Qur'an yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 275 : " sesungguhnya jual beli itu semisal riba, namun Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba."
 
Menurut sabda Nabi Muhammad riba adalah setiap keuntungan yang ditarik dari proses hutang piutang adalah riba. (HR. Baihaqi) Memperhatikan berbagai hal yang dapat mengakibatkan kemadlaratan yang ditimbulkan oleh perbuatan riba, maka sebagai muslim dan mukmin harus dapat menghindari diri dari perilaku riba.
 
Beberapa ancaman Allah bagi orang yang memakan harta riba antara lain : mengakibatkan hilangnya iman, tidak memperoleh kebahagiaan dunia dan akherat serta akan mendapat dosa dan murka Allah.
 
Salah satu contoh perbuatan riba yaitu " Lintah Darat atau Rentenir ". Rentenir yang biasa terjadi di beberapa desa terpencil, para rentenir yang menagih hutang denagn cara kekerasan untuk mengancam para penghutang agar mereka mau membayar hutang dengan bunga yang tinggi. Itulah cara para rentenir menumpuk kekayaan dengan memeras orang kecil .
 
Oleh karena itu kita sebagai umat islam hendaknya menghindari atau menjauhi perbuatan riba tersebut . Sesungguhnya Allah akan melaknat umatnya yang melakukan perbuatan riba .

Wassalammu'alaikum

bY  : TRISNA PRATIWI  X4

Posted by mading man sumpiuh on 16.16. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "IBA kaRy@ : TRISNA PRATIWI X4"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog