|

IMAN KEPADA QADA DAN QODAR kaRya@ Gilar Ayu X4



 
Iman berarti kepercayaan atau keyakinan. Qada secara bahasa berarti hukum, perintah, menghendaki, menjadikan, dan menghendaki. Menurut istilah, qada adalah ketentuan atau kepastian yang datang dari Allah SWT terhadap segala sesuatu sejak jaman azali, yakni sejak zaman sebelum sesuatu terjadi. 

Menurut bahasa, qadar adalah ukuran, ketetapan, dan ketentuan. Menurut istilah, qadar adalah ketentuan dan ketetapan Allah swt yang terjadi pada setiap makhluk sesuai dengan batas yang telah ditentukan sejak zaman azali. Qadar disebut juga dengan takdir Allah yang berlaku bagi semua makhluk yang telah, sedang, ataupun akan terjadi. Iman kepada Qada dan Qadar berarti percaya dan yakin akan qada dan qadar Allah swt atas setiap makhluk hidup.
 

Tidak ada satupun manusia yang mengetahui qada dan qadar atas dirinya ataupun peristiwa-peristiwa alam yang terjadi. Kematian, kelahiran, musibah, pasang surutnya air laut, terbitnya matahari tersusunnya alam semesta pada tempatnya bukanlah suatu peristiwa yang terjadi secara kebetulan, melainkan sudah ditentukan hukumnya oleh Allah swt. Yang dikenal sebagai sunnatullah (hukum alam). 
Firman Allah swt yang artinya:
"setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa pada dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah." (QS. Al-Hadid / 57 : 22)
 

Iman kepada takdir Allah artinya adalah sebagai berikut : 
  1. Percaya bahwa Allah yang menjadikan segala makhluk-Nya dengan kodrat, iradat, dan hikmah-Nya. Allah berfirman yang artinya: "Dan Dia menciptakan segala sesuatu, lalu menetapkan ukuran-ukurannya serapi-rapinya". (QS. Al-Furqan/25: 2)
  2. Percaya bahwa Allah mempunyai beberapa hukum dalam menciptakan makhluk-Nya. Hukum itu tetap berlaku sepanjang masa dan tidak akan berubah-ubah.
  3. Berikhtiar dan berusaha sekuat kemampuan dan menyerahkan diri kepada Allah untuk menentukan hasil-hasil apa yang akan terjadi setelah itu dilakukan.
Manusia hendaknya tidak boleh hanya berpangku tangan menunggu takdir yang akan terjadi pada dirinya, tetapi manusia wajib berusaha. Berhasil atau tidak sepenuhnya kita serahkan kepada Allah. Jika berhasil kita bersyukur dengan cara menggunakan hasil usaha itu dengan benar, dan apabila gagal dalam meraih sesuatu yang diusahakan kita tidak boleh berputus asa, kita tetap sabar menerimanya dengan ikhlas sambil tetap berikhtiar.
 

Ciri-ciri Beriman kepada Qada dan Qadar:

  1. Percaya bahwa apapun yang terjadi pada dirinya sudah menjadi ketentuan Allah SWT
  2. Bersabar dalam menghadapi ujian dari Allah SWT
  3. Bersikap optimis dan tetap berusaha meskipun belum berhasil.
  4. Tawakkal dan berdoa kepada Allah SWT atas usaha yang telah dilakukannya.
  5. Tidak meminta pertolongan kepada selain Allah SWT
By : gIL@R @yoe X-4

Posted by mading man sumpiuh on 16.28. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "IMAN KEPADA QADA DAN QODAR kaRya@ Gilar Ayu X4"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog