|

ILMU ADALAH IBADAH bY : Novi Ana X_4

Assalamua’alaikum Wr.Wb.
Ilmu adalah Ibadah
Hallo…….semua sahabat mading MAN Sumpiuh saya akan menjelaskan tentang Ilmu tapi juga berhubungan dengan Ibadah. 
Manusia digolongkan menjadi dua golongan yaitu golongan
1). Orang yang pinter
2) Orang yang seneng belajar.
Tidak ada baik diantara dua pilihan yaitu (HR.Tobroni). Yang artinya manusia diciptakan oleh sebagai makhluk yang paling baik.Manusia digolongkan menjadi dua yaitu:
a) Orang yang pinter adalah orang yang dapat memanfaatkan kekuatan otaknya untuk berusaha lebih baik.
b) Orang yang senang belajar adalah orang yang belum tentu orang yang pintar,tapi dalam kenyataan hidup ini orang yang mau belajar…………pintar. Orang yang pintar tapi tidak ada manfaatnya ya percumah……dia tidak mau membagi ilmunya dengan orang lain dia akan mendapat siksa hari kiamat. Semua itu dijelaskan HR.Tabroni :
“Paling berat siksaan dihari kiamat yaitu orang yang pintar yang tidak mempunyai manfaat ilmunya berbeda dengan orang yang senang belajar dan dia mau berbagi ilmu dengan orang lain dan ilmu yang mula-mula sedikit. Akan menjadi banyak ilmu itu karena bermafaat dengan orang lain. Dan dijelaskan di HR.Hakim: “Siapa yang menyembunyikan ilmu bakal diberi imbalan yang setimpal oleh Allah dihari kiamat dengan api Neraka itulah hubungan bagi orang-orang yang menyombongkan diri,atas ilmunya dan tidak mengamalkan ilmu kepada orang lain jadi orang yang bersifat seperti itu tidak ada untungnya palah menjadi rugi yang sangat banyak dan dikucilkan oleh orang lain,dilaknat oleh Allah dihari kiamat makanya jadi orang jangan sombong atas ilmu yang dimiliki kan semua itu percumah………………ga…………??????. Jika qt pintar kaya ilmu jangan merasa sombong,ilmuan ja mau berbagi sama qt walaupun ga….kenal + ga tau bentuk aslinya tapi mereka tetap membagi ilmunyadengan qt semua. Jika qt mendapat cobaan seperti itu qt sebaiknya qt ambil hikmahnya saja biar dapat pahala,tmbh baik,tmbh ilmu donk……………….
Dijelaskan didalam HR.Ibnu Hibban:”Satu kalimat dari hikmah yang dipelajari oleh salah satu orang itu lebih baik dan bagus daripada dunia dan seisinya”. Jadi klo belajar pada satu orang itu lebih baik dari semua isi dunia ini.Dan qt diwajibkan untuk mencari ilmu, ilmu lebih penting dan berharga dari semuanya yang ada didunia ini,dan orang yang mmpunyai ilmu akan dinaikan derajatnya oleh Allah,tapi bukan ilmu saja yang di pentingkan tetapi juga ibadah qt kepada Allah. Klo qt beribadah,mengamalkan ilmu yang qt punya Insyaallah qt masuk surga lah……………………………………………………………………. Dalam HR.Hakim dijelaskan :”Ambillah hikmah karena tidak mambahayakan diri qt, tidaki tau darimana munculnya”. Ambillah hikmah dari apa yang qt pelajari walaupun hanya satu kata saja yang kita ingat dalam sebuah ilmu dan itu akan lebih baik daripada tidak tau sama sekali !!!!!!!! Tentang ilmu yang qt pelajari dan ilmu yang qt pelajari dan semua itu akan bermanfaat bagi kehidupan qt di dunia ini walaupun itu hanya sementara saja.Dan cari tau lah suatu ilmu yang belum/tidak pernah qt tau sebelum hidup didunia ini dan jika itu qt mengetahui itu akan lebih bermanfaat bagi qt.
Sampai disini dulu pembahasan qt , besok qt teruz kan lagi di lain waktu dengan topik yang berbeda. Cukup sekian bila ada kata yang kurang berkenan dihati saya mohon maaf.
Wabillahitofik wal hidayah wassalamua’alaikum Wr.Wb. 

Novi Ana Nurrokhman 26 Januari jam 11:04

Posted by mading man sumpiuh on 21.39. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "ILMU ADALAH IBADAH bY : Novi Ana X_4"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog