|

MACAM-MACAM AKHLAK TERCELA


Akhlak tercela banyak jenisnya diantaranya Dendam dan Munafik. Sifat dendam dan munafik harus di jauhi oleh orang muslim karena kedua sifat tersebut selain merupakan akhlak tercela juga merupakan sifat yang sangat di benci oleh Allah SWT.
 
11. Sifat Dendam
Dendam adalah keinginan untuk membalas suatu kejahatan kepada seseorang,contoh jenis dendam adalah dendam kesumat. Dendam kesumat dapat diartikan sebagai rasa dendam,benci yang sangat mendalam,dendam kesumat merupakan sifat dendam yang paling di benci oleh Allah seperti Sabda Rosulullah saw berikut :
“Orang yang paling dibenci Allah adalah orang yang menaruh dendam kesumat. (H.R. Bukhari dan muslim).
 
2. Sifat Munafik
Munafik dapat diartikan ingkar dengan apa yang diucapkannya tidak sesuai dengan yang ada di dalam hati.
Ciri-ciri orang munafik diantaranya : bersikap ragu terhadap kebenaran islam, jika beribadah riya, berdusta, ingkar janji, dan khianat. 
Adapun tanda – tanda orang munafik ada 3 yaitu seperti hadist berikut:
“Tanda – tanda orang munafik itu ada tiga ,apabila berkata selalu dusta ,apabila berjanji selalu tidak ditepati, dan apabila dipercaya selalu berkhianat. ( H.R.Bukhari dan Muslim).
 
Orang munafik selain dibenci oleh Allah SWT orang yang munafik juga mendapatkan tempat yang paling bawah di Neraka, seperti Hadist berikut :
“Sungguh,orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka”(Q.S. An Nissa/4:145)
Balasan bagi orang munafik diantaranya akan dimasukkan ke dalam neraka jahanam(Q.S.At – Taubah/9:14).

bY : ISTIQ HIDAYAH L  X-4

Posted by mading man sumpiuh on 21.42. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "MACAM-MACAM AKHLAK TERCELA"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog