|

MENJAUHI PERBUATAN DZALIM k@Ry@ Riyanti Ajah X4


Assalamualaikum

Temen-temen.......!!!!!!!!!!! 
Apakah kalian tahu apa itu dzalim ?? 

Dzalim adalah menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya. Dzalim itu adalah perbuatan yang harus di hindari oleh setiap mukmin karena sesungguhnya perbuatan dzalim itu termasuk dosa besar yang mampu merusak kehidupan pribadi keluarga dan masyarakat. Tindakan aniaya digolongkan sebagai perbuatan yang menyesatkan dan menyengsarakan oleh sebab itu orang-orang musyrik pun dianggap melakukan kedzaliman. Perbuatan–perbuatan yang bertentangan dengan keberadaan akan membawa mudzarat bagi diri pelakunya.

Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah ke-4 terakhir dari al-khulafa’at Rasyidin menyatakan “ ketahuilah bahwa kedzaliman itu ada 3 macam, yakni:

1. kezaliman terhadap Allah (syirik)
syirik merupakan pandangan dan kepercayaan yang mengingkari bahwa Tuhan adalah maha Esa & maha kuasa/lebih dari satu, lalu konsekuensinya, berarti Tuhan yang lain tentu berasal dari kalangan akhlak menciptakan Tuhan YME, termasuk sesama manusia. Kepercayaan itu dalam sistem antropologi budaya dikenal sebagai sistem mitologis. Seperti firman Allah “dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anak-anak diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya” hai anakku janganlah kamu mempersekutukan Allah, karena itu  adalah benar-benar kedzaliman besar.” 
                              2. kedzaliman terhadap diri sendiri
3. kedzaliman terhadap sesama manusia

Perbuatan ini akan berdampak pada rusaknya seluruh masyarakat. Orang dzalim pada umumnya senantiasa bersikap kasar, bermusuhan, suka menyakiti. Orang yang dzalim suka mengumbar lidah, bergunjing, memfitnah. Mereka selalu mengabaikan kepercayaan yang di berikan. 

Salah satu sifat orang dzalim bahwa ketika dia bergaul dengan orang lain, maka orang lain merasa tidak nyaman. Setiap manusia harus menyadari bahwa kesempatan hidup ini harus dimanfaatkan dengan baik bagi kehidupan pribadi dan sosial, Rosulullah SAW, bersabda bahwa: sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain”. 
Oleh karena itu kita harus dapat menjauhi perbuatan dzalim, agar kita selamat dunia dan akherat. amiin.
 
Wassalamu’alaikum Wr.Wb 

k@Ry@ Riyanti Ajah  X4

Posted by mading man sumpiuh on 21.16. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "MENJAUHI PERBUATAN DZALIM k@Ry@ Riyanti Ajah X4"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog