|

SYIRIK kaRy@ Tri LeSt@R! X4

Assalamu’alaikum Wr.Wb


Hay temen-temen    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Temen-temen tahu ga itu syirik?? Ya dech lo ga tahu aku jelazin ea……
Syirik adalah perbuatan yang mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang lain. 
Orang yang berbuat syirik disebut Musyrik. Seorang musyrik adalah melakukan suatu perbuatan menyembah kepada makhluk lain, benda, dan roh-roh nenek moyang yang seharusnya orang itu menyembah kepada Allah. Orang-orang musyrik biasanya menganggap itu adalah sebagai Tuhan mereka, mereka senantiasa menyembah, meminta pertolongan bukan kepada Allah melainkan pada benda atau keyakinan yang mereka miliki terhadap benda-benda itu.

Perbuatan syirik adalah perbuatan-perbuatan yang di benci Allah. Allah tidak akan mengampuni orang-orang yang berbuat syirik, so temen-temen jangan pada ngelakuinnya ya.. tetapi ada syirik yang masih bisa diampuni oleh Allah jika orang itu mau bertaubat, yaitu syirik kecil (ashgar). Seperti firman Allah yang berbunyi “ Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik & Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu bagi siapa yang di kehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar” dengan dilihat dari segi sifat & tingkat sanksinya.

Syirik dapat dibagi menjadi 2, yakni:
1. Syirik akbar (Syirik Besar)
Syirik besar merupakan syirik yang tidak akan mendapat ampunan bahwa orang dari Allah. Bagi yang melakukan perbuatan itu dijanjikan oleh Allah itu tidak akan masuk surga untuk selamanya. Syirik akbar di bagi menjadi 2, yakni :

a). Zahirun Jali ( tampak nyata )
Merupakan perbuatan-perbuatan menyembah/mempersekutukan Allah dengan makhluk lain.
Contoh : Berhala, binatang, bulan, matahari, dll.

b). Bathinun khafi ( tersembunyi)
Merupakan perbutan mempersekutukan Allah dengan cara meminta pertolongan kepada orang yang telah meninggal, patuh dengan UU/ hukum yang bertentangan dengan hukum Allah.

2. Syirik Ashgar ( syirik kecil)
Syirik ini termasuk dosa besar akan tetapi masih ada peluang diampuni oleh Allah jika pelakunya segera bertaubat. Contoh perbuatan-perbuatannya adalah : Bersumpah dengan nama selain Allah, mermakai azimat, mantera, sihir, peramal/dukun, bernazar selain kepada Allah.
Akibat negative dari perbuatan syirik, yakni:
Orang yang syirik menyembunyikan & mengotori nikmat Allah, keimanan kepada Allah yang telah tertanam dalam hati sanubarinya sejak ia lahir.

Akibat yang di timbulkan syirik, antara lain :
• Sulit menerima kebenaran Allah
• Munculnya perasaan bimbang/ ragu
• Tidak boleh diangkat menjadi pemimpin bagi kaum yang beriman
• Hanya akan memperoleh kesenangan sementara
• Amal & harta yang di nafkahkan sia-sia
• Orang musyrik dinilai sebagai makhluk paling buruk
• Menjadi musuh Allah
• Di janjikan mendapat siksa neraka

Hikmah menghindari perbuatan syirik :
• menjadikan manusia memiliki pandangan yang luas
• mengangkat manusia menjadi suci dan benar
• tidak mudah putus asa dengan keadaan yang di hadapinya
• menjadi taat dan patuh kepada hukum-hukum Allah

Itulah sekelumit penjelasan-penjelasan tentang perbuatan syirik, maka untuk temen- temenku jangan pernah melakukan perbuatan itu kalau mau di sayang sama Allah jangan jadi orang musyrik jadilah orang yang soleh & soleha.
Sekian, terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb 


bY  :  Tri LeSt@R!   X4

Posted by mading man sumpiuh on 20.50. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "SYIRIK kaRy@ Tri LeSt@R! X4"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog