|

SABAR bY : Mega X_5

Sabar,kata sabar sepertinya tidak semudah mengucapkannya. Sabarpun tidak semudah membalikan tangan. Berbuat sabar memang tak semudah dan tak sesulit yng dikira, namun bukan berarti kita tidak bisa untuk melakukannya. Sabar itu sendiri adalah tahan menderita untuk menghadapi yang tidak kita senangi dengan penuh ikhlas dan menyerahkan diri kepada ALLAH SWT. Sabar merupakan kemampuan untuk menahan diri dikala ada godaan untuk tidak marah atau pasrah. Sabar adalah suatu bagian dari akhlak utama yang dibutuhkan seorang muslim,dalam masalah dunia dan akhirat. Rosullulloh SAW bersabda:
“Sabar adalah cahaya (kemenangan yang gilang-gemilang). ”(HR.Muslim)
Selain diriwayatkan oleh Nabi, ALLAH SWT menjanjikan sebuah yang sangat mengutungkan dalam surat Az_Zumar:10 dan QS As_Sajdah :24,
“Sesungguhnya hanya orang-orang yang sabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”(QS.Az_Zumar:10)
“Dan diantara mereka itu kami jadikan pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah kami, ketika mereka sabar mereka meyakini ayat-ayat kami.”(QS_As_Sajdah:24)

Sabar terbagi menjadi 3 :
1.) Sabar dalam menunaikan ibadah
Dalam menunaikan ibadah kepada ALLAH SWT syetan selalu menggoda dan nafsu selalu mengganggu agar orang tersebut meninggalkan perintah_Nya tetapi orang yang sabar insya allah dapat menangkis dan mengatasinya.
2.) Sabar dalam meninggalkan maksiat
Menahanm diri untuk menghindarkan dari segala perbuatan jahat, dan dari menuruti hawa nafsu angkara murka dan menghindarkan diri dari perbuatan yang menjerumuskan diri ke jurang kehinaan, dan merugikan seseorang. Sabar dalam meninggalkan maksiat merupakan sebuah unsur pertahanan yang melawan dorongan-dorongan yang menggoda manusia, seta meninggalkan perbuatan-perbuatan dosa yang terlarang dan tercela.
3.) Sabar dalam musibah
Musibah yang menimpa kita diterima dengan sabar dan berttawakal kepada ALLAH SWT yaitu dengan cara berikhtiar dan berdo’a untuk melepas diri dari musibah tersebut.

 MEGA SOLIAH, 10 Februari jam 10:13  

Posted by mading man sumpiuh on 21.08. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "SABAR bY : Mega X_5"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog