|

Yuuk Jadi Pendengar Yang Baik! ^_^


Teman, ada pendapat yang menyatakan "manusia diciptakan dengan 2 telinga dan 1 mulut, semata-mata agar ia lebih banyak mendengar dari pada berbicara" (anonymous). Memang ada benarnya juga, coba aja lihat, seorang balita bisa mengucapkan ma...ma, ma..em, itu karena awalnya dia mendengarkan ayah, ibu atau kakaknya selalu mengajarkan hal-hal seperti itu.

Coba aja seorang dokter, guru, lawyer/pengacara, dan professor sekalipun, mereka menjadi seperti itu karena mereka berhasil menyerap pelajaran/ informasi lewat pendengara, kan?

Sayangnya, sekarang ini orang dianggap jago dan hebat karena kemampuan ngomongnya. Apalagi kalau orang-orang mau ngedengerin sampai manggut-manggut malah..udah deh.. bangga gitu lho..! Biasanya ngga heran bila kemudian banyak buku yang mengajarkan tentang Bagaimana Teknik Berpidato yang Baik, Bagaimana Caranya Berorasi, dan lain-lain. Dan biasanya juga orang yang hanya diam dan hanya mendengarkan sering dianggap 'kambing conge" atau afwan nih, malah sering dianggap bego.

Padahal selain memerintahkan kaum Muslimin untuk berdakwah, ALLAH SWT juga memerintahkan umat manusia untuk mau mendengarkan kebenaran. Orang-orang kafir dicela oleh ALLAH SWT karena ketidakmauan mereka menyimak ajakan beriman . Firman-Nya:

"Sesungguhnya orang-orang kafir sama saja bagi mereka, engkau (Muhammad) beri peringatan atau tidak engkau beri peringatan mereka tidak akan beriman. Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka , penglihatan mereka telah ditutup, dan mereka akan mendapat azab yang berat." (QS Al-Baqarah: 6-7)

"...dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka itu seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mareka itulah orang2 yang lengah."(QS Al-A'raf: 179)

Banyak sekali hal2 yg telah kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya: mengapa ketika bayi baru lahir harus didengarkan adzan di telinganya?, kenapa kalau ada yg sedang membaca al Qu'ran kita harus mendengarkan? dan ketika kita sholat berjama'ah kita pun mendengarkan apa yg dibacakan oleh sang imam? Disitu saja Allah sudah memperlihatkan betapa pentingnya mendengarkan, iya apa iyaa...?

Lihatlah banyak kenakalan remaja terjadi karena mereka yang bersikap cuek bebek, tdk mau menyimak nasehat orang tua, guru, dan pembicaraan lain yg bermanfa'at (betul apa bener....????)
Sueerr deh teman...! kalau kita engga pernah berlatih mendengar niscaya kita engga akan menjadi pendengar yg baik. Bisa jadi kamu mudah marah,cepet tersinggung dan bahkan akan menolak kepada ajakan kebenaran..ya kaaann??.....

Ok teman apapun profesi kita baik itu dokter, perawat (yang selalu mendengarkan keluhan pasiennya), notaris, pengacara (yang suka mendengarkan keluhan clientnya), bahkan seorang ibu rumah tangga pun menjadi pendengar yg baik bagi anak-anak dan suaminya,... Berusahalah selalu untuk menjadi pendengar yang baik, dengan bismillah...! insya Allah semuanya akan menjadi bagian dari ibadah, amiin.....

kiriman : dari siswo pasti mati

Posted by mading man sumpiuh on 20.19. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Yuuk Jadi Pendengar Yang Baik! ^_^"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog