|

KEGIATAN RUTIN DONOR DARAH DI MAN SUMPUIH



MA Negeri Sumpiuh, sekitar 25 orang dari kalangan siswa, guru, karyawan, petugas koramil serta warga sekitar menjadi peserta donor darah yang dilaksanakan Rabu 27 Juli 2011 di perpustakaan MAN Sumpuih. Menurut pembina UKS Ibu Galih Ika Apriliana, S.Pd. donor darah itu merupakan salah satu kegiatan kemanusiaan dengan jalan mendonorkan darahnya untuk orang yang membutuhkanya.

Kegiatan ini berlangsung berkat kerja sama antara PMR MAN SUMPUIH dengan PMI Sokaraja. Bagi peserta donor darah harus memenuhi syarat usia minimal 17 tahun, berat badan 45 Kg, tekanan darah yang normal, HB yang mencukupi dan peserta donor darah tidak dalam keadaan sakit.

Lebih lanjut diterangkan oleh Bu Ika bahwa kegiatan donor darah di MAN Sumpiuh ini sudah berlangsung sejak tahun 2000, sedangkan pelaksanaanya diadakan 3 bulan sekali dan kebanyakan anak yang mengikuti kegiatan donor darah ini adalah anak kelas XII, karena usianya pada kelas XII sudah memenuhi syarat yaitu berusia 17 tahun.
Antusias para peserta pendonor sangat besar, namunn sekitar 7 peserta tidak layak mendonorkan darahnya karena belum memenuhi persyaratan. Dari sekian peserta merupakan siswa-siswi MAN Sumpiuh. Dalam menjaring peserta donor darah panitia mengirimkan undangan kesekolah dan instansi lain disekitar MAN Sumpiuh.

Tujuan dari pelaksanaan donor darah ini adalah sebagai upaya peningkatan kegiatan kemanusiaan di MAN Sumpiuh dan menambah persediaan darah bagi yang membutuhkan Kata pembina UKS Ibu Arika Noviantiwi, S.Pd.

Pelaksanaan donor darah ini dimulai dari pengecekan kondisi layak tidaknya untuk mendonorkan darah. Setelah dinyatakan lolos baru bisa mendonorkan darahnya dan diakhiri dengan pemberian vitamin.



Penulis iMaz @Nd heNi X6 2001

Posted by mading man sumpiuh on 20.19. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "KEGIATAN RUTIN DONOR DARAH DI MAN SUMPUIH"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog