|

SOMBONG ATAU TAKABUR bY : C@c@ X4


Sombong adalah merasa diri lebih tinggi dari orang lain baik keturunan, kekayaan, kepandaian, kecantikan atau ketampanan dan sebagainya. Sombong (TAKABUR ) merupakan akhlak tercela. Karena Allah tidak menyukai orang - orang yang sombong. Seperti firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 23 yang artinya :
" Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang - orang yang sombong "
Bukan hanya itu sombong ( TAKABUR ) adalah salah satu penghalang masuk surga, bahkan meski hanya seberat biji sawi. Seperti sabda Rasullullah SAW yang artinya: " Tidak akan masuk surga orang yang didalam hatinya terdapat seberat biji sawi dari sifat kesombongannya. "

Sombong  ( takabur ) ada dua macam yaitu sombong lahir ( takabur zahir ) dan sombong batin (takabur batin).
Sombong lahir yaitu perbuatan2 kesombongan yang dilakukan dan jelas terlihat.
Sedangkan sombong batin yaitu sifat kesombongan didalam jiwa atau hati yang tidak terlihat.
Orang sombong biasanya tidak memiliki perasaan untuk mencintai dan menyayangi sesama saudaranya yang mukmin.Sebagaimana yang mencintai dirinya sendiri. Orang - orang yang sombong banyak memiliki sifat yang buruk misal pembohong, pemarah, khianat, dengki, merendahkan orang lain dan sebagainya. Oranng yang sombong tidak segan - segan menggunakan hal -hal yang buruk demi untuk mempertahankan kemulyaannya. Banyak hal yang dapat memungkinkan seseorang terjrumus kedalam kebohongan antara lain : Keturunan kekayaan, kepandaian atau ilmu pengetahuan, kecantikan/ketampanan, kekuatan tubuh, kedudukan, pemikiran banyak cela yang dapat menjadikan seseorang bersifat sombong. Oleh karena itu, hendaklah kita memohon kepada Allah agar diberi petunjuk kearah jalan yang benar dan terhindar dari sifat sombong. 
 
 bY  :  C@c@ X4

Posted by mading man sumpiuh on 20.59. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "SOMBONG ATAU TAKABUR bY : C@c@ X4"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog