|

MANFAAT ILMU


Menuntut ilmu itu wajib hukumnya dalam islam, baik laki-laki maupun perempuan seperti bunyi hadist di bawah ini:'' menuntut ilmu itu wajib bagi orang muslim laki-laki maupun perempuan (HR. Bukhari dan muslim). Ilmu pengetahuan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi manusia karena dengan ilmu kita mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat, sebagaai umat Rasulloh SAW kita harus menjalankan sunah rosul dengan cara menuntut ilmu dimana saja dan kapan pun, sepanjang ilmu tersebut bermanfaat dan berfungsi untuk kebaikan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Ilmu pengetahuan dan teknologi misalnya, ilmu fisika, biologi kedokteran, astronomi dll.

Ilmu-ilmu tersebut juga terdapat pada Al-qur'an. Perhatikan firman Alloh SWT berikut:"Alloh SWT menganugerahkan al khikmah (ilmu) pada siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang dianugerahi al hikhmah itu ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (Q.S.Al Baqoroh : 269).
Seperti yang sudah difirmankan oleh Alloh kita sebagai generasi muda zaman sekarang kita seharusnya belajar sungguh-sungguh dan tidak mengenal lelah karena ada hadits yang menyatakan "malaikat akan meletakan sayapnya untuk para pencari ilmu dan Alloh juga memudahkan jalan ke surga kepada siapa saja yang melakukan perjalanan untuk mencari ilmu".

Ilmu itu sangat penting bagi kehidupan di zaman sekarang ini karena itu kita dituntut untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya, bila perlu ke negeri Cina.

Posted by mading man sumpiuh on 19.14. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "MANFAAT ILMU"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog