|

AKHLAK DALAM PERGAULAN REMAJA

Masa remaja merupakan masa persiapan untuk menjadi dewasa yang matang dan sehat masa ini biasanya di ikuti keguncangan emosi, kebimbangan dalam mencari pegangan hidup serta kesibukan mencari pengetahuaan dan kepandaian untuk menjadi senjata pada usia dewasa.

A. NIilai Negatif Pergaulan Remaja
Pergaulan remaja pada hakekatnya sedang sibuk berjuang diri dalam itu jika di hadapkan pula pada dunia luar lingkungan yang kurang serasi penuh kontradiksi serta penuh dgn ketidak stabilan. akibatnya mereka akan mudah jatuh pada kesengsaraan batin, hidup dan kecemasan.


Sikap remaja harus mewaspadai perilaku negative berikut:

  • Suka keluyuran
  • Menghabiskan waktu tanpa agenda yang jelas.
  • Suka menunda pekerjaan
  • Ragu-ragu dan bimbang dlm menghadapi kehidupan
  • Mudah larut dalam berbagai kesenangan tanpa perhitungan
B. Akhlak yg baik dlm pergaulan remaja.
Akhlak yg baik adalah fondasi agama dan merupakan hasil dari usaha orang-orang bertakwa dengan akhlak yang baik perlakuan akan terangkat ke derajat yang tertinggi tak ada amalan yang lebih berat dalam timbangan seorang muslim di akherat nanti dari pada akhlak yang baik.


Secara faktual harus di akui bahwa : dlm kehidupan remaja terdapat beberapa hal khusus.
Aspek khusus tersebut yakni:


1. Mengucapkan salam dan menjawab salam
Islam mengajarkan kepada sesama muslim bertukar salam bertemu atau bertamu supaya rasa kasih sayang dapat selalu terpupuk dengan baik.

2.Berjabat tangan
Rasulullah saw. mengajarkan umatnya untuk lebih menyempurnakan salam dan menguatkan tali ukhuwah islamiyah sebaiknya salam di ikuti dg berjapat tangan.


Rasulullah bersabda:" Dari al- barra' bin azib ia berkata: Tidaklah dua orang muslim bertemu, lalu bersalaman, melainkan Allah akan mengampuni dosa-dosa keduanya sebelum mereka berpisah.
"(H.R. Tirmdzi)
Anjuran untuk berjabat tangan tidak berlaku antara pria dan wanita. kecuali antar a suami isteri atau antara seseorang dgn mahramnya. seseorang yg beragama akan menghormati orang lain yang teguh memegang norma agama.

3.khalawah(berduaan)
Rasulullah melarang pria dan wanita ber-khalawah baik di tempat umum , apalagi di tempat sepi. karena yang ketiga adalah syaitan .


syaitan akan selalu mencari peluang dan memanfaatkan segala kesempatan untuk menjerumuskan anak cucu adam. banyak kasus muda-mudi mudah sekali jatuh ke dalam perzinaan. jadi larangan berkhalawah sebagai tindakan pencegahan supaya tidak terjatuh ke lembah dosa yang lebih dalam.

4.Mencari teman yang baik. mencari teman yang baikmerupakan suatu kebenaran yang telah diterima dan di buktikan oleh pengalaman.


setiap orang di anjurkan bergaul dgn orang-orang shalih, karena sesungguhnya orang-orang yg lurus dalam tutur kata dan perbuatan mereka, serta menjalani kehidupan yang sejalan dengan kehendak illahi memiliki semacam daya tarik.maka barang siapa yg mempunyai fitrah bersih akan cenderung untuk memilih bergaul dgn orang baik.



 Zahratul
kelas: XII IPA 1

Posted by mading man sumpiuh on 14.59. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "AKHLAK DALAM PERGAULAN REMAJA"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog