|

MENUNTUT ILMU


Assalamu’alaikum.Wr.Wb....
Ilmu mempunyai peranan penting bagi kehidupan ini. Karena dengan ilmu yang dimiliki kita akan mampu membedakan antara haq dan bathil. Dengan ilmu seseorang akan mudah mendapatkan sesuatu. Namun, sebaliknya orang yang buta ilmu maka akan sulit segala yang dikerjakan dan mendapat tujuan dasarnya. Islam mempunyai kewajiban untuk menuntui ilmu, Nabi SAW bersabda, yang artinya: '' Menuntut ilmu itu wajib bagi setap orang islam laki-laki dan perempuan''. Dan yang paling dominan untuk mencari ilmu yaitu di waktu masih anak-anak usia sekolah (usia dini), karena di usia dini masih mempunyai daya tangkap/ingat yang kuat.

Bagaikan mengukir di atas batu, tapi bila sudah nampak terukir, maka bertahun-tahun masih membekas dan tidak akan hilang. Demikian juga sang anak seusia dini, bila sudah masuk dalam pikiranya maka akan sulit untuk melupakan. Sedangkan belajar di waktu dewasa. Bagaikan mengukir diatas air begitu mudahnya akan tetapi tidak ada bekasnya. Demikian juga bila beljar diwaktu dewasa maka akan mudah untuk mengingat tapi mudah juga untuk melupakan.

Oleh karena itu jangan sampai bosan untuk mencari ilmu, dimana saja harus tetap dicari walaupun  ke negeri Cina. Nabi SAW bersabda yang artinya: '' carilah ilmu walau dinegeri cina''.

Masih banyak jalan untuk mencari ilmu sebagai contoh, mencari ilmu dengan lewat mendengarkan ceramah, mencari ilmu dengan membaca buku-buku. Dan lain-lain masih banyak cara untuk mencari ilmu. Dan setelah mencari ilmu yang sungguh-sungguh jangan lupa untuk diamalkanya, jangan sampai ilmu disembunyikan maka ancaman Allah akan diterima.

Demikian uraian singkat dari saya mudah-mudahan ada manfaatnya dan bisa diambil hikmahnya, amin.


Wassalamu’alaikum.Wr.Wb....

Penulis: Lina Inawati…XII agama…2011
Fb: Lina Inawati 31 Juli jam 17:36



Posted by mading man sumpiuh on 09.40. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "MENUNTUT ILMU"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog