|

Waspadai.......... Mimisan Bisa Merupakan Indikasi Penyakit Berat


Wartawannya lagi berpose dengan nara sumber
       Mimisan terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Persoalannya, karena mimisan ini sering terjadi tetapi orang menganggapnya biasa saja dan tak menghiraukan pemeriksaan dan penanganannya. Padahal mimisan atau epistaksis ini merupakan indikasi sejumlah penyakit, baik ringan maupun berat. Apa yang menyebabkan terjadinya Epistaksis ini dan bagaimana menanggapinya?
            Menurut ibu juminah,b idan  yang tidak hanya menangani masalah ibu dan anak ini, rongga hidung manusia kaya dengan pembuluh darah. Pada rongga hidung bagian depan, terdapat anyaman pembuluh darah yang di sebut pleksus.
            Faktor penyebab keluarnya darah segar melalui lubang hidung inilah yang disebut dengan mimisan atau epistaksis. Tapi darah ini tidak dipastikan apakah darah kotor atau tidak. “Darah kotor dan darah bersih adanya dibilik-bilik yang ada di paru-paru. Jadi tidak bisa diastikan bahwa darah yang keluar dari rongga hidung tersebut merupakan darah kotor atau tidak,”kata wanita kelahiran 12 Desember 1975 ini.
            Mimisan yang terjadi secara tiba-tiba tanpa disertai gejala tertentu, bukanlah penyakit. Mimisan terjadi bisa karena adanya kelainan lokal pada rongga hidung atau karena kelainan yang terjadi dibagian tubuh yang lain. Kelainan lokal yang dimaksud, antara lain menggorek hidung, terjatuh, terpukul, adanya benda asing di hidung, iritai gas yang merangsang,I nfeksi hidung dan organ sekitarnya. Selain itu, perubahan lingkungan yang mendadak dan perubahan tekanan atmosfer yang mendadak pada penerbang dan penyelam turut juga menyebabkan terjadinya epistaksis.
            Menurut bidan Juminah, mimisan dapat mengurangi sakit kepala pada penderita hipertensi. “biasanya seseorang yang menderita hipertensi selalu disertai sakit kepala karena pembuluh darahnya belum pecah. Ketika pembuluh darah itu pecah, rasa sakit kepala itu akan berkurang, “jelas wanita yang telah menjadi bidan selama 15 tahun”.
            Sekalipun mimisan bukanlah penyakit, tetap harus diperhatikan dan diwaspadai karena bisa merupakan indikasi munculnya penyakit atau gangguan, mulai dari gangguan ringan hingga berat. Keluarnya darah segar dari hidung itu, misalnya, bisa menjadi gejala awal tumor, baik yang jinak maupun yang ganas.
Oleh karena itu janganlah kita anggap enteng masalah mimisan.

X-4 Kelompok 5
Fitri, Hani, Laeli, Yuliana

Posted by mading man sumpiuh on 20.38. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Waspadai.......... Mimisan Bisa Merupakan Indikasi Penyakit Berat"

Leave a reply

Silakan tinggalkan pesan BOZ .....

Arsip Blog